IRAMA DAN MELODI

Dalam seni musik tentu kita sering mendengar istila irama dan harmonis. Seseorang bisa menilai sebuah musik atau lagu melaui iramanya. Orang bisa menilai bahwa iagu itu iramanya bagus, iramanya enak didengar, iramanya kurang, dan lain sebagainya. Nah dari situ kita bisa mengambil suatu pengertian secara sederhana tentang apa itu irama.  Pengertian irama/ritme secara sederhana adalah perulangan bunyi-bunyian menurut pola tertentu dalam sebuah lagu. Perulangan bunyi-bunyian ini juga menimbulkan keindahan dan membuat sebuah lagu menjadi enak didengar.

Seorang pencipta lagu bisa membuat lagu dengan irama yang indah sehingga membuat lagu itu laris di pasaran atau popoler dalam masyarakat. Sebut saja Raja dangdut kita Rhoma Irama, dia merupakan seorang penyanyi dangdut yang sudah tidak asing lagi di negeri ini dengan karya-karya lagunya yang sangat memasyarakat. Beliau sangat padai membuat irama, sampai-sampi nama belakangnya pun Irama. Jadi tidak salah dia dijuluki Si Raja Dangdut.

Irama dalam musik bisa berpengaruh dalam diri kita, Ternyata : denyut nadi, kecepatan pernafasan, tahanan listrik pada kulit dan pembuluh darah si pendengar mengalami perubahan. Bahkan terbukti bahwa denyut jantung akan menyesuaikan diri dengan irama yang kita dengar. Nah bagaimana pengaruh gairah kerja dan musik itu bisa terjadi? Musik bisa merangsang salah satu bagian dari otak kita untuk bekerja sesuai dengan jenis musik. Misal seperti musik dengan irama yang sedikit keras dan cepat (seperti rock) dapat memacu otak kita untuk bekerja atau tampil dengan lebih bersemangat. Sedangkan musik yang berirama slow seperti musik klasik dan sejenisnya, terbukti dapat meningkatkan performa kerja seseorang secara optimal. Sebenarnya lagu-lagu yang berirama slow mampu melakukan hal yang sama, namun adakalanya jenis lagu seperti ini bisa membius pendengarnya dengan perasaan sehingga malah dapat memperlambat kerja karena sesuai dengan mood lagunya.

Selain Irama istilah yang tidak kalah penting dalam seni musik adalah melodi. Kombinasi beberapa tinggi nada dan irama akan menghasilkan melodi tertentu. Pengertian melodi secara sederhana adalah pergerakan/perubahan tinggi rendahnya nada yang dimainkan dari waktu ke waktu. Suatu lagu yang indah atau bagus umumnya memiliki melodi yang enak didengar.

Irama dan melodi adalah satu kesatuan dalam sebuah musik. Suatu karya lagu yang indah mempunyai kombinasi irama dan melodi yang baik. Dengan demikian musik sangat dipengaruhi oleh kedua unsur tersebut yaitu irama dan melodi.

http://edukasi.kompasiana.com/2010/11/01/irama-dan-melodi/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: